Apa pentingnya sebuah nama domain? Meski terkesan sepele, nama domain sebenarnya merupakan hal penting dalam membuat sebuah website. Domain menjadi alamat dari website tersebut. Agar orang tak salah membuka sebuah website, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat website. Semakin mudah diingat oleh orang, maka semakin mudah sebuah website ditemukan.

 

Sebuah nama domain biasanya terdiri dari www (dot) nama domain (dot) ekstensi, seperti www.jasa-web.co.id. Jasa-web merupakan nama domain yang dipilih perusahaan jasa pembuatan website murah. (dot)co(dot)id adalah ekstensi domain yang digunakan. Ekstensi (dot)id digunakan untuk wilayah Indonesia. (dot)co(dot)id sendiri berarti website tersebut memiliki kepentingan komersial yang berada di wilayah Indonesia.

 

Memiliki sebuah website tentu akan lebih berkesan jika memiliki nama domain yang mudah diingat. Sayangnya tak cuma unik saja, beberapa hal juga perlu dipertimbangkan dalam memilih nama domain. Mulai dari berapa karakter yang sebaiknya dipakai untuk nama domain hingga ekstensi yang digunakan.

 

1. Pilih Ekstensi

Dalam membuat nama domain sesuaikan jenis website anda dengan kegunaannya. Ekstensi yang banyak digunakan dan paling diminati adalah .com. Masyarakat biasanya mudah mengingat jika nama domain website yang dipakai .com. Padahal selain .com yang biasa digunakan untuk badan usaha komersial, banyak jenis ekstensi lainnya. Seperti .net biasa digunakan oleh penyedia jaringan internet atau networking, .org biasa digunakan oleh organisasi, .edu biasa digunakan di dunia pendidikan, .mil digunakan untuk lembaga militer. Dan masih banyak ekstensi lainnya yang digunakan oleh dunia.

 

2. Sederhana

Jangan membuat nama domain yang terlalu panjang. Dua puluh karakter merupakan batas maksimal sebuah nama domain. Karena semakin panjang nama domain, orang tak akan mengingatnya dan sangat merepotkan saat membukanya. Nama yang singkat juga memberi kesan tersendiri bagi pengunjung website anda.

 

3. Tidak Ada Angka

Hindari menggunakan nama domain yang mengandung unsur simbol atau angka. Sebab penggunaan unsur seperti di atas pada nama domain cenderung menimbulkan kesulitan bagi calon pengunjung. Terlebih untuk pengunjung yang membuka internet menggunakan smartphone. Nama domain dengan simbol atau angka terasa sangat merepotkan.

 

4. Jangan Ambil Brand Orang

Hindari menggunakan nama atau brand milik orang lain. Semisal membuat nama domain dengan unsur Amazon, Yahoo hingga Google. Nama domain seperti ini kemungkinan besar akan mendapatkan tuntutan dari pemilik mererk dagang resmi. Kebanyakan tujuan orang memilih nama domain seperti ini biasa disebut dengan numpang tenar.

 

5. Buat di Tempat yang Terpercaya

Jangan sembarang memilih tempat membuat sebuah website. Bisa jadi nama domain yang diberikan kepada anda adalah nama domain buruk. Buruk yang dimaksud yaitu memberikan nama domain bekas orang lain kepada anda. Nama domain bekas ialah nama domain yang sebelumnya sudah pernah dipakai oleh orang lain. Nama domain yang sudah pernah dipakai tersebut sudah terhapus dan tak berlaku. Meskipun sudah tidak dipakai, nama domain tersebut bisa jadi telah melekat pada pemilik sebelumnya. Percayakan website anda kepada tim Yoisoweb yang bekerja secara profesional dan terpercaya.

 

Dengan bantuan tim Yoisoweb usaha yang klien geluti akan berkembang dan dapat merambah ke dunia online dengan baik. Produk yang dipasarkan juga bisa dijangkau calon konsumen kapan pun dan dimana pun. Usaha yang dilakukan bisa dipasarkan ke orang yang berlokasi di luar kota, luar provinsi, luar pulau bahkan hingga luar negeri. Dapatkan penawaran khusus dengan hubungi nomor +62 85 6952 85 999 atau +62 8228 8474 999. Pilihanmu sekarang, menentukan kesuksesanmu kelak.

Hubungi Kami

Silakan Chat Cs kami untuk pemesanan dan konsultasi

Marketing 1

Zulin

Online

Marketing 2

Rusi

Online

Zulin

Ada yang bisa kami bantu? :) 00.00

Rusi

halo, ada yang bisa kami bantu? 00.00