fbpx

Tips Memilih Web Hosting Yang Baik Untuk Website

c

Web hosting adalah sebuah layanan yang akan sangat dibutuhkan jika Anda seorang blogger atau pemilik sebuah website. Baik website untuk menyimpan data atau file, atau berupa tulisan, gambar, script, aplikasi maupun lainnya. Layanan web hosting biasanya akan disewa dengan jangka waktu tertentu. Umumnya dihitung pertahun.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih web hosting:

1. Perhatikan Biayanya

Tips pertama untuk memilih web hosting yang baik untuk website Anda adalah mencari penyedia hosting yang menawarkan harga yang wajar. Wajar di sini adalah tidak aneh, tidak berlebihan, dan yang terpenting adalah masuk akal. Hal ini disebabkan banyaknya pihak di lapangan yang menawarkan layanan hosting dengan promo dan harga yang di luar kewajaran dan tidak masuk akal.

Namun, jangan sekali-kali terlena dengan harga murah yang ditawarkan oleh penyedia jasa layanan hosting. Pastikan untuk selalu meneliti kembali promo yang ditawarkan. Pastikan apakah harga yang ditawarkan memang wajar atau tidak. Bisa jadi promo murah akan memberikan layanan buruk pada website dan tentunya akan merugikan Anda.

Untuk menentukan nilai kewajaran dapat Anda lalukan dengan membandingkan harga dari beberapa penyedia layanan hosting. Harga dapat dikatakan wajar jika tidak berbeda jauh dari rata-rata harga yang ditawarkan penyedia layanan hosting lainnya.

2. Cek Siapa Saja Pelanggannya

Untuk dapat memastikan kualitas hosting yang diberikan oleh penyedia layanan, Anda dapat melakukan pengecekan pada para pelanggan yang telah menggunakan jasa tersebut. Dengan melihat dari jumlah pengguna yang telah memakai jasa hosting tersebut, kita dapat memastikan kualitas penyedia layanan hosting tersebut.

Namun jangan terlalu percaya dengan hal-hal yang ditampilkan pada website penyedia jasa layanan hosting seperti testimoni para pelanggan. Pastikan bahwa para pelanggan yang memberikan testimoni bukan merupakan sebuah rekayasa atau palsu.

3. Kapasitas dan Fitur

Sesuaikan kapasitas dan fitur yang ditawarkan penyedia hosting dengan kebutuhan Anda. Pastikan fitur yang Anda pilih mampu beradaptasi dengan baik sesuai perkembangan website Anda.

Proses aktivasi yang cukup lama dan berbelit-belit adalah hal yang kurang menyenangkan (bagi saya). Di zaman yang penuh dengan serba instant seperti saat ini, semua aspek dituntut serba cepat. Pilih penyedia hosting yang dapat memberikan proses aktivasi yang cepat dan juga memberikan proses transaksi online yang terpercaya dan antisipasi pada penipuan. 

4. Data dan Uptime yang Terjamin

Pilih penyedia jasa layanan hosting yang mampu memberikan jaminan terhadap data Anda. Seperti dengan memberikan perjanjian dan kompensasi jika layanan yang ditawarkan tidak dapat terpenuhi. Hindari penyedia layanan hosting yang menawarkan uptime besar tanpa adanya jaminan keamanan atas data Anda. 

5. Layanan Konsumen

Service atau pelayanan memegang peranan yang penting dalam sebuah usaha atau bisnis yang berkaitan dengan jasa. Sebelum menentukan web hosting, ada baiknya untuk mencoba mengajukan beberapa pertanyaan tentang hal-hal teknis dan non-teknis berkaitan dengan layanan hosting yang disediakan. Hal ini perlu dilakukan agar kita dapat mengenal lebih jauh tentang penyedia hosting tersebut. Penyedia hosting yang mempunyai tim layanan konsumen yang baik akan lebih terpercaya di kalangan pengusaha online. 

6. Jaringan dan Hardware

Hardware yang bagus serta jaringan internasional yang besar dibutuhkan agar web server tetap hidup secara non-stop. Hal ini agar server dapat diakses dari mana saja. Pilih penyedia layanan web hosting yang menggunakan hardware handal dan memiliki penempatan data center yang baik sehingga bisa diakses cepat dari berbagai belahan dunia.

Satu hal yang ingin saya garis bawahi, yaitu jangan tergiur dengan harga yang terjangkau dengan penawaran yang bombastis. Cermati dengan seksama agar biaya yang Anda keluarkan sebanding dengan kualitas yang Anda dapatkan.

 

a1

You May Also Like…

Apa itu Bounce Rate pada Website?

Apa itu Bounce Rate pada Website - Bounce rate adalah persentase pengunjung yang masuk ke situs web Anda dan kemudian...

1 Komentar

  1. Rahman

    Benar sekali, untuk memilih webhosting kita harus hati hati, terlagi sistem register domainnya. Alih alih murah di tahun pertama, nanti pas perpanjangan malah dipersulit, mending kalau cuma dipersulit, kalau layanan sampai hilang kan kita yang repot. Pilih tempat membeli hosting dan domain yang sudah terpercaya saja. Saya juga seorang blogger yang mencoba mereview penyedia hosting Indonesia, berikut blog saya https://lautanhost.com/

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *