fbpx

5 Strategi Pemasaran Paling Ampuh, Apa Saja?

5 Strategi Pemasaran Paling Ampuh, Apa Saja – Setiap menitnya, pasar diserbu oleh banyak sekali jasa atau produk baru yang sedang ditawarkan. Pasar yang sudah penuh serta sesak ini tidak menyurutkan mental para pengusaha, start-up, ataupun pelaku UMKM untuk tetap bergeliat dan ingin menumbuhkan ‘uang’ bersama-sama. Bahkan untuk jasa/produk yang sama persis, selalu saja ada pihak yang ingin rebranding ataupun repackaging agar tetap mampu meraup keuntungan di ceruk pasar.

5 Strategi Pemasaran Paling Ampuh, Apa Saja

Untuk menghindari nasib yang sama yang akan terjadi kepada kalian, mari kita pelajari dasar-dasar dari strategi pemasaran. Sebagai sebuah pengingat, artikel ini diperuntukkan untuk membahas mengenai strategi pemasaran yang lebih dalam.

  • Segmentasi

Semua para pelaku usaha pastinya akan menginginkan sebuah kesuksesan. Namun kebanyakan dari mereka akan langsung melangkah ke bagian pertanyaan, “Harus menjual berapa agar bisa mendatangkan untung?”. Padahal sbuah kesuksesan sebuah jasa/produk, ditentukan dari kemampuan kalian untuk membaca serta memetakan sebuah pasar serta melakukan identifikasi segmen pasar dengan benar dan cermat.

5 Strategi Pemasaran Paling Ampuh, Apa Saja?

5 Strategi Pemasaran Paling Ampuh, Apa Saja?

Ada beberapa variabel yang dapat kalian gunakan dari strategi berikut :

  • Demografis

yaitu segmentasi berdasarkan variabel usia, jenis kelamin, besarnya keluarga, pendapatan, ras, pendidikan, pekerjaan, geografis.

  • Psikografis

yaitu segmentasi berdasarkan kelas sosial, gaya hidup, kepribadian, dan lain sebagainya.

  • Perilaku

yaitu segmentasi yang berdasarkan dari bagaimana seebuah tingkah laku, perasaan, serta cara para konsumen menggunakan barang ataupun situasi pemakaian, serta loyalitas merek.

  • Targeting

Walau banyak sekali orang-orang yang menyamakan, strategi targeting sendiri sangatlah berbeda dengan segmentasi. Segmentasi lebih kesebagai sebuah strategi untuk memetakan para pelanggan yang ingin diincar, sedangkan targeting ialah sebuah sasaran yang jauh lebih spesifik yang diincar oleh para pelaku usaha.

  • Positioning

Strategi ini ditebarkan oleh para pemilik usaha yang mengedepankan kepada positifnya citra, persepsi serta kesan jasa / produk yang telah ditanamkan ke benak para konsumen yang telah menjadi target. Hal tersebut akan menjadi semakin fokus dari strategi pemasaran ini ialah cara para konsumen mempersepsi suatu produk / jasa. Tentunya pada akhirnya akan berpengaruh kepada sikapnya terhadap jasa / produk, yang otomatis akan berhubungan dengan loyalitas terhadap jasa /  produk itu sendiri.

  • Pricing

Ada banyak sekali cara untuk menjalani sebuah strategi pricing alias menentukan sebuah harga yang menggiurkan tapi tetap mendapatkan menguntungkan. Harga juga mencerminkan dari perceived value ataupun nilai yang dipersepsi oleh para konsumen itu sendiri, yaitu nilai yang dapat diterima oleh para konsumen.

Sebelum memastikan sebuah harga, pelajari dahulu harga tertinggi yang dapat diterima para konsumen dan harga terendah dari suatu jasa / produk. Sebuah jasa / produk akan diperkirakan mahal jika harga tersebut melebihi ceiling price-nya. Kesalahan yang sangat sering terjadi dari seorang pemasar ialah jika dalam menentukan harga, murni hanya dengan menghitung biaya yang ditimbulkan oleh jasa / produk tersebut, seperti biaya produksi, biaya distribusi serta biaya promosi.

  • Distribusi

Sebuah jasa / produk hanya akan berguna jika jasa / produk tersebut dapat sampai ke tangan para konsumen. Agar pada akhirnya sendiri, para konsumen dapat mendapatkan manfaat dari jasa / produk tersebut, baik secara emosional ataupun fungsional.

Distribusi bisa dikatakan baik, jika jasa / produk dapat sampai ke tangan para konsumen. Agar dapat sampai ke tangan para konsumen, jasa / produk sendiri harus berada di tempat yang para konsumen dapat capai ataupun para konsumen dapat mendapatkannya pada waktu yang tepat.

Tingkatkan Performa Tim Reseller dan Dropshipper dengan Digital Marketing

Digital Marketing sendiri memiliki sejumlah cabang tersendiri yang tentunya akan sangat berbeda penerapan maupun strateginya. Untuk mengoptimalkannya tentu akan sangat berbeda tergantung dari tujuan kita dalam mengoptimalkannya. Misalnya saja, strategi digital marketing dengan optimasi social media Instagram bertujuan untuk memperkenalkan brand, membangun trust hingga menjaring pengikut seluas-luasnya.

Akan berbeda dengan optimasi marketplace, yang secara tujuan hanya akan fokus pada penjualan. Tentu, cara optimasinya akan berbeda dengan Instagram. Semua cabang yang ada dalam digital marketing ujungnya akan fokus pada penjualan. Untuk meningkatkan performa tim reseller dan dropshipper secara maksimal, Yoisoweb hadir dengan pelatihan digital marketing untum tim Reseller dan Dropshipper.

Pelatihan Inhouse Digital Marketing ini akan memberikan sepaket pelatihan untuk optimasi sejumlah cabang digital marketing seperti cara beriklan, optimasi marketplace, membuat konten social media, editing, teknik mengambil foto dan video dan lain sebagainya. Nah, pelatihan eksklusif ini akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan performa tim reseller dan dropshipper sehingga penjualan setiap bulannya juga berpotensi akan meningkat drastis.

Pelatihan bersam tim Yoisoweb akan sangat memudahkan anda karena kami bisa menyesuaikan lokasi, durasi serta fokus pelatihan yang Anda dan tim ingin fokuskan. Tidak perlu khawatir, karena tim pelatihan kami juga tim yang profesional dan berpengalaman selama minimal 7 tahun di dunia digital marketing.

Bagaimana Menghubungi Admin Kami?

Nah, untuk segera bisa berkomunikasi dengan tim kami dan jadwalkan pelatihan tim digital marketing bersama tim reseller dan dropshipper, yuk hubungi tim kami disini!

  • CS 1 : 0822-8847-4999
  • CS 2 : 0856-9528-5999
  • CS 3 : 0819-1106-8999
  • Instagram: @yoisoweb
  • Website: www.yoisoweb.com

You May Also Like…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *