fbpx

7 Tips Menyusun Brief yang Kreatif untuk Iklan

7 Tips Menyusun Brief yang Kreatif untuk Iklan – iklan atau campaign adalah media pengiklanan untuk mempromosikan sbeuah benda atau jasa. Melalui iklan inilah kita bisa bertemu dengan konsumen hingga menjalankan proses jual beli. Nah, kali ini kami akan ,memberikan informasi terkait 7 Tips Menyusun Brief yang Kreatif untuk Iklan, apa saja? Simak ya!

Apa itu Kreatif Brief

Creative brief adalah dokumen yang digunakan untuk menuliskan strategi serta detail yang berisikan tema, konsep, tujuan, pesan,  dan lain sebagainya yang berhubungan dengan sebuah proyek. Brief ini akan membantu kamu, tim mu atau mungkin creative agency untuk menjalankan sebuah proyek berdasarkan guideline dan rules yang sudah ditetapkan oleh perusahaan ataupun tim internalmu.

Selain berfungsi untuk memudahkan pengerjaan proyek kreatif, brief ini juga membantu untuk mengujuk matrik kesuksesan sebuah proyek sehingga bisa menjadi bahan evaluasi untuk proyek yang selanjutnya. Pada dasarnya, bentuk brief bisa jadi akan berbeda-beda. Namun secara umum, komponen kreatif brief akan mencakup:

  • Brand statement
  • Latar belakang
  • Tantangan dalam proses campaign
  • Target audience
  • Pesan utama
  • Saluran komunikasi
  • Tipe dan detail plan konten
  • Dan berbagai elemen penunjang lainnya.

7 Tips Menyusun Brief yang Kreatif untuk Iklan

Nah, untuk bisa menyusun kreatif brief yang berkualitas, berikut tips yang bisa anda terapkan:

Berikan latar belakang yang kuat

Langkah pertama dalam menyusun kreatif brief yang berkualitas adalah dengan memberikan latar belakang yang kuat. Ini bisa menjadi guideline yang kuat mengapa anda membutuhkan campaign ini, bagaimana nantinya campaign tersebut akan berjalan, serta menyamaratakan visi dan misi semua tim yang ikut terlibat dalam campaign.

Cek tantangan dan tujuan

Sebelum terjun ke konsep konten dalam campaign, kamu juga bisa cek dulu tantangan yang sekiranya akan dihadapi. Maka, sebisa mungkin bagaimana proyek tersebut adalah jawaban dari permasalahan atau tantangan tersebut. Itulah sebabnya, tantangan penting untuk dijabarkan pun juga dengan tujuannya agar semua tim bisa sama-sama satu rasa dan sepemikiran tentang strategi untuk menyelesaikan permasalahan atau tantangan.

Tentukan target audience

Sebuah campaign berjalan untuk target audience. Audience ini penting untuk diketahui dan diindentifikasi untuk menentukan strategi apa yang tepat supaya campaign yang kita berikan bisa tepat sasaran. Misalnya saja, ketika kita punya target market remaja smp dan sma tentu strategi campaign yang kita berikan akan sangat berbeda ketika target market kita adalah usia dewasa matang usia 25 hingga 35 tahunan.

Pelajari kompetitor

Hadirnya kompetitor mungkin membuat kita takut dan merasa kesal hingga bahkan minder. Namun, alangkah baiknya untuk mengalihkan pikiran negative tersebut menjadi sesuatu yang lebih positif sehingga membuat kita dan tim bisa lebih positif dalam mengerjakan sebuah proyek.

Dan yup! Kehadiran kompetitor bisa menjadi sumber inspirasi bagi kita serta kita pun bisa mempelajari strategi yang digunakan mereka dalam beriklan. Konsep amati, tiru dan modifikasi tentu sangat penting di industry kreatif. Asalkan tidak melakukan plagiat, tentu membuat strategi yang serupa menjadi sah-sah saja. Dan ini yang harus kita lakukan untuk membuat kreatif brief yang sempurna untuk iklan kita.

Tuliskan plan dengan detail

Nah, kita masuk ke dalam inti sebuah brief dimana rencana konten iklan tersebut di tujabarkan. Sebelum terjun langsung melaksakan proses pembuatan konten atau bahkan mengoptimasinya, langkah paling utama adalah dengan membuat plan brief secara detail. Ini akan sangat membantu tim mu untuk bisa mengerjakan proyek secara tepat sasaran, sesuai target dan tujuan, menjawab permasalahan dan yang terpenting sesuai dengan target market.

Susun dalam format tertentu

Kemudian, setelah plan sudah siap, pastikan semua informasi sudah tersaji dalam format yang mudah dipahami oleh semua tim. Ini akan membuat proses produksi konten berjalan lebih cepat dan efektif.

Tentukan budget yang tepat

Dalam proses proyek iklan, tentu kita membutuhkan sejumlah modal. Besar kecilnya tergantung proyek yang anda sedang jalankan. Ini akan sangat beragam dan berbeda-beda pada setiap orang. Namun intinya, budget ini akan bermanfaat untuk budget iklan di Google atau sosial media, melakukan promo, hingga menjalankan serangkaian proses campaign dengan mudah dan tenang.

Membuat Konten Kreatif Bareng Desain Promosi

Nah, untuk bantu kamu buat konten yang kreatif dan optimal untuk menjalankan iklan, tim Yoisoweb siap jadi partner terbaikmu. Yup! Kami adalah creative agency yang sudah berpengalaman selama lebih dari 7 tahun dalam mengelola pembuatan konten digital, baik foto, video maupun desain. Kami pun juga merambah usaha kami dalam bidang pembuatan website serta pembuatan konten.

Penyusunan Konten Kreatif oleh tim professional Yoisoweb akan bantu kamu mendapatkan insight yang positif dalam setiap campaign mu. Apapun tujuannya, maka strategi campaign akan selalu bermula dari proses pembuatan kretif brief yang menarik.

Bagaimana menghubungi admin kami?

  • CS 1 : 0822-8847-4999
  • CS 2 : 0856-9528-5999
  • CS 3 : 0819-1106-8999
  • Instagram: @yoisoweb.com
  • Website: www.yoisoweb.com

Dan itulah tips membuat kreatif brief yang menarik dan potensial untuk membanru kontenmu berhasil winning. Selamat mencoba!

 

 

You May Also Like…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *