fbpx

Tips Foto Produk Bikin Produk Makin Memikat Customer!

Tips Foto Produk Bikin Produk Makin Memikat Customer! – Foto Produk adalah komponen penting  yang dibutuhkan oleh setiap business owner terutama yang fokus berjualan secara online. Melalui foto produk, calon kosumen bisa melihat kualitas produk, memilih warna, melihat detail bahan dan jahitannya hingga modelnya. Karena informasi yang dibutuhkan konsumen terkait produk sangatlah banyak dan detail, maka foto produk yang dihadirkan haruslah setidaknya mampu menjawab kebutuhan-kebutuhan tersebut. Saking begitu pentingnya peran foto produk dalam bisnis online, kecenderungan konsumen untuk membeli produk atau bahkan melewatkannya tergantung dari bagaimana tampilan foto produk tersebut secara visual.

Lalu bagaimana sih trik foto produk yang tepat yang bisa memikat hati customer? Tenang! Kita akan bedah satu per satu melalui artikel ini. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Jenis-jenis Foto Produk, Apa Saja?

Sebelum kita membahas tips membuat foto produk yang menarik, kita perlu ketahui jenis-jenis foto produk itu sendiri. KIra-kira apa saja? Simak ya!

  1. Individual Shots

Adalah jenis foto produk yang fokus menampilkan 1 foto dalam 1 frame. Biasanya tipe ini adalah tipe-tipe foto produk untuk catalog, banner image dan sejenisnya. Fungsinya adalah untuk menunjukkan satu produk dengan utuh, jelas, sederhana dari seluruh koleksi produk yang ada.

  1. Group Shots

Sesuai namanya, group shot menampilkan lebih dari satu produk yang muncul dalam frame. Biasanya, tipe foto produk ini menampilkan tipe produk paket, varian atau ukuran yang berbeda.

  1. Lifestyle Shots

Adalah jenis foto produk yang menggunakan model karena sesuai namanya lifestyle berarti bagaimana produk tersebut digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya model, biasanya foto produk jenis ini juga menggunakan property pendukung yang sesuai penggunaannya dalam kehidupan. Misalnya saja, foto produk bumbu rempah masakan yang difoto dengan latar belakang dapur dan masakan akan terasa lebih hidup dan real.

  1. Scale Shots

Fungsi dari scale shot adalah menunjukkan ukuran sebuah produk melalui foto. Misalnya aja nih, memfoto varian series handphone yang memiliki ukuran yang berbeda. Atau, bisa juga memotret power bank yang disejajarkan dengan handphone dengan tujuan menunjukkan seberapa tebal/tipis powerbank tersebut ketika disandingkan dengan smartohone.

  1. Detailed Shots

Untuk memudahkan konsumen melihat detail produk dan bahan, maka jenis foto Detailed Shot bisa menjadi solusi. Jenis ini akan sangat bermanfaat ketika Anda memfokuskan detail berlian pada cincin, detail bahan pada produk fashion dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan hasil yang real, tentu Anda perlu mempersiapkan pencahayaan hingga pengaturan kamera yang tepat.

  1. Packaging Shots

Nah, sudah menjadi rahasia umum jika kemasan sebuah produk juga memegang peranan penting dalam sebuah bisnis. Itulah sebabnya, packaging shots menjadi salah satu jenis teknik foto produk yang viral di pasaran. Jenis foto ini akan menampilkan produk sekaligus dengan packagingnya dalam kemasan.

Tips Foto Produk Menarik untuk Memikat Customer

Kita sudah mengetahui 6 jenis foto produk yang biasa digunakan oleh sebagaian besar fotografer. Nah, kemudian, bagaimana sih membuat foto produk yang menarik yang bisa memikat konsumen? Apakah kita bisa melakukannya sendiri dirumah? Jawabannya tentu bisa! Yuk maksimalkan dengan beberapa tips di bawah ini!

  1. Pilih Warna Background yang Tepat

Langkah pertama untuk membuat foto produk menarik adalah dengan memilih warna background yang tepat. Background ini juga akan membantu proses editing fotonya nanti. Oleh sebab itu, pemilihan warna-warna yang netral bisa jadi solusi yang bagus. Anda bisa menggunakan media dinding, kertas karton atau kertas background khusus foto produk untuk memudahkan melakukan foto.

  1. Atur Tata Letak Produk

Selanjutnya adalah dengan mengatur tata letak produk. Meskipun kelihatannya mudah dan sederhana, namun prakteknya tidak demikian. Anda harus pintar-pintar mengatur posisi produk agar terlihat estetik di frame, tapi juga terlihat jelas secara maksud dan tujuan, disamping mendapatkan pencahayaan, angle dan posisi yang tepat.

  1. Mengatur Pencahayaan

Tips ketiga untuk mendapatkan foto produk yang menarik adalah dengan mengatur pencahayaan.  Perlu diketahui bahwa pencahayaan sangatlah penting dalam mengubah efek dan mood foto. Nah, untuk hal ini Anda bisa menggunakan pencahayaan alami dari sinar matahari maupun bantuan dari lighting yang kini sudah banyak dijual bebas di e-commerce maupun toko elektronik.

  1. Ambil Foto dari Berbagai Sudut

Langkah selanjutnya adalah dengan mengambil foto dari berbagai sudut atau angle. Tentu, ini penting untuk memperlihatka sisi-sisi yang menarik dari produkmu. Tentu, Anda tidak bisa sekali jepret saja langsung berhasil, perlu mengulah hingga beberapa kali jepretan hingga akhirnya mendapatkan sebuah foto produk yang menarik.

  1. Editing

Setelah didapatkan beberapa foto produk yang menarik, Anda bisa melakukan editing untuk tingkat kecerahan, ketajaman, atau mungkin menghapus objek yang tidak diinginkan. Meski sudah mendapatkan foto produk yang bagus, tapi editing ini juga sangat penting untuk memastikan hasil foto dengan konsisten dari segi kualitas, posisi, pencahayaan maupun kejataman.

Mendapatkan Foto Produk Menarik bersama Yoisoweb

Untuk mendapatkan foto produk yang menarik yang bisa memikat customer mungkin bukan perkara yang mudah dan sederhana. Terlebih bagi Anda business owner yang masih harus menghandle urusan teknik seperti kirim produk, rekap orderan, bertemu konsumen hingga secara berkala harus maintenance kualitas produk. Maka, Anda bisa fokus disitu dan urusan Foto Produk yang menarik, yuk serahkan pada tim Yoisoweb.

Dengan menggunakan Jasa Foto Produk Profesional di Yoisoweb, Anda bisa lebih menghemat waktu hingga budget untuk model, sewa kamera dan peralatan fotografi, sewa studio, hingga memikirkan konsep foto produk yang menarik. Disini, Anda bisa dapatkan semuanya secara instan. Layanan Jasa Foto Produk Berkualitas ini mencakup:

  • Konsep
  • Bebas pilih model
  • Bebas pilih indoor/outdoor
  • Bebas pilih tema background
  • Termasuk property
  • Termasuk editing
  • Bisa revisi

Bagaimana Menghubungi Tim Yoisoweb?

Nah, jika anda tertarik menggunakan layanan Jasa Foto Produk Yoisoweb, anda bisa segera konsultasikan kebutuhan anda bersama tim kami melalui:

CS 1 : 0822-8847-4999

CS 2 : 0856-9528-5999

CS 3 : 0819-1106-8999

Instagram: @yoisoweb

Website: www.yoisoweb.com

5 Tips Foto Produk Menarik yang bisa anda gunakan untuk memikat konsumen di atas semoga bisa menjawab rasa penasaran Anda dengan trik foto produk sederhana ya. Dan tentunya, Anda pun bebas mempraktekkan tips-tips di atas untuk memaksimalkan promosi bisnis online Anda. Jika butuh bantuan foto produk yang kece? Jangan lupa hubungi kami ya!

You May Also Like…

Apa itu Bounce Rate pada Website?

Apa itu Bounce Rate pada Website - Bounce rate adalah persentase pengunjung yang masuk ke situs web Anda dan kemudian...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *