fbpx

Kenali UTM Google: Tools Cerdas untuk Analisis Trafik Kunjungan Website

Kenali UTM Google: Tools Cerdas untuk Analisis Trafik Kunjungan Website – UTM Google atau kepanjangan dari Urchin Traffic Monitor adalah kode unik yang bisa diselipkan di halaman URL Google. Kode ini bekerja untuk mengumpulkan informasi dan mengindentifikasi sumbr traffic  web Anda. UTM Google sendiri sejatinya sudah ada sejak dulu dalam salah satu fitur Google Analytics. Sayangnya, tidak banyak orang yang paham fitur ini. Padahal, melalui UTM Google, kita bisa mudah mempelajari sumber traffic, data kunjungan, konversi halama dan lain sebagainya. Berdasrkan fungsi ini, UTM Google banyak dimanfaatkan oleh pengguna yang sedang menjalankan campaign melaui Ads, Sosial Media, Landing Page dan lain sebagainya.

Praktiknya adalah dengan membuat dan memposting konten campaign di beberapa platform yang berbeda, sebut saja Instagram, Email Marketing dan Linkedin. Lalu, anda bisa menyisipkan kode di masing-masing konten campaign. Ketika Anda mengakses UTM, maka secara langsung ini akan memberikan informasi detail terkait trafik nya dan di platform mana Engagement anda bisa maksimal. Melalui informasi tersebut, tentu akan sangat memudahkan Anda untuk menghemat budget iklan hingga memaksimalkan untuk campaign selanjutnya.

Step by Step Menggunakan UTM Google

  1. Kunjungi Laman Google’s Campaign Builder

Step pertama untuk menggunakan UTM Google adalah dengan mengakses halaman Google’s Campaign URL Builder. Di laman ini, Anda bisa menukan banyak sekali parameter yang bisa Anda gunakan untuk menjadi kode tambahan pada sisipan URL website Anda.

  1. Mengisi Form Parameter yang Dibutuhkan

Langkah selanjutnya adalah dengan mengisi form parameter. Informasi yang dibutuhkan di form ini seperti Website URL, source, medium hingga campaign name. Jika anda sudah memposting campaign berbayar dan ingin melihat trafiknya, anda bisa lengkapi kolom Term dan Content untuk mendapatkan konten tambahan.

  1. Convert Link

Setelah mengisi form parameter, anda sudah bisa mendapatkan kode link URL. Anda bisa mengkonvertnya dan langsung menggunakannya untuk analisa trafik. Caranya sangat mudah, anda cukup klik tombol Convert dan copy link yang tersedia.

  1. Analisa Melalui Google Analytics

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah dengan mengakases Google Analytics untuk mendapatkan informasi trafik dari link yang sudah Anda convert. Namun, Google setidaknya membutuhkan waktu selama 3-5 hari untuk memberikan trafiknya. Nah, untuk melakukan analisanya, Anda bisa mengakses menu Google Analytics lalu memilih menu Acquisition, Campaign, All Campaign, lalu paste link URL yang sudah dioconvert sebelumnya. Nah, setelah 3-5 hari kerja, Anda bisa kembali memeriksa laman ini dan mendapatkan informasi trafiknya.

Jasa Pembuatan Website Profesional: Yoisoweb

Nah, untuk membuat website berbasis WordPress yang professional dan terpercaya, tim Yoisoweb siap bantu berikan yang terbaik untuk Anda. Layanan ini sudah termasuk dengan hosting yang berkualitas plus SSL Certified yang bisa bantu maksimalkan proteksi website Anda. Tidak perlu bingung, karena tim kami juga siap untuk menambahkan berbagai plugin proteksi lainnya hingga berbagai maintenance tambahan untuk memaksimalkan performa website Anda. Layanan jasa pembuatan website di Yoisoweb sudah termasuk dengan copywriting berbasis SEO, theme yang menarik hingga gratis desain slide yang akan membuat tampilan website makin eye catching.

Bagaimana Menghubingi Admin Kami?

Tidak perlu ragu lagi dengan kualitas hosting hingga SSL kami, karena kami siap berikan yang terbaik untuk website bisnis Anda. Untuk konsultasi dan pemesanan, yuk hubungi tim kami disini

CS 1 : 0822-8847-4999

CS 2 : 0856-9528-5999

CS 3 : 0819-1106-8999

Instagram: @yoisoweb

Website: www.yoisoweb.com

You May Also Like…

Apa itu Bounce Rate pada Website?

Apa itu Bounce Rate pada Website - Bounce rate adalah persentase pengunjung yang masuk ke situs web Anda dan kemudian...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *